MEMBUAT GAUN TANPA POLA DASAR, BISAKAH?

Friday, December 15, 2023

Pernahkah kalian menemukan kesulitan untuk membuat pola dari sebuah desain baju yang kalian impikan? Atau mungkin kalian sudah menemukan sebuah petunjuk termudah cara membuat pola baju tapi tetap saja itu seperti terlalu rumit untuk dipahami? Beberapa bahkan sudah membuat pola seperti instruksi tapi ketika pola itu jadi, kalian tetap tidak yakin dengan apa yang sudah kalian buat?

Saya juga pernah mengalami kesulitan seperti ini. Pernah berusaha melampaui dari batasan saya dan membuat pola untuk sebuah desain yang saya inginkan, tapi hasilnya saya tetap ragu, kira-kira nanti hasil bajunya ok tidak ya? 

Buat teman-teman yang pernah mengalami hal seperti ini, berikut ini saya akan share cara mudah membuat pola dari sebuah desain. Pola ini bisa dibuat dengan mudah bahkan oleh siapapun yang tidak punya kemampuan membuat pola dasar sekalipun, jadi tanpa pola dasar. Dan kabar baiknya, kalian bisa mendownload pola ini dan bisa digunakan untuk proyek jahit kalian. Tapi karena pola ini disajikan dalam satu ukuran saja, maka sebelum kalian melompat ke bagian FREE DOWNLOAD, simak dulu penjelasan pembuatan polanya sehingga jika nanti ada bagian yang ingin diubah, kalian bisa dengan mudah mengubah sendiri sesuai kebutuhan.

Proyek yang akan kita buat adalah sebuah gaun. Home dress tepatnya. Baju untuk dipakai di rumah dengan desain yang vintage, fit dibagian pinggang, mempunyai bukaan depan dan kerah rebah, home dress stylist ala nyonya. Bisa ditambahkan aksen belt, atau tanpa belt. Jadi tampilannya lebih cantik tidak seperti baju rumah yang apa adanya. Desain ini punya 2 opsi, lengan pendek dengan panjang dress midi, dan lengan panjang dengan panjang dress maxi, jadi bisa dipakai sebagai gamis untuk teman-teman berhijab. 

Baiklah, mari kita mulai.

1. Buat pengukuran badan yang benar. 

Jika kalian terbiasa membuat baju hanya dengan memperkirakan ukurannya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari cara melakukan pengukuran dengan benar. Karena ukuran yang akurat adalah hal dasar yang harus dimiliki sebelum membuat pakaian. Jadi jangan hanya main "kira-kira". Lihat berbagai referensi  untuk mengetahui cara selengkapnya. Ukuran yang dibutuhkan dalam proyek ini adalah lingkar dada, pinggang, pinggul, lebar belakang bahu, panjang gaun dan panjang lengan yang diinginkan. Lihat cara mengukurnya disini.


2. Membuat pola

Jika sudah diperoleh ukuran badan yang benar, mulailah dengan membuat pola untuk badan atas.

Lebar belakang bahu = 42cm

Buat garis dengan panjang 1/2 lebar belakang bahu = 42 x1/2=21cm, 12,5 adalah 1/2 lebar lubang kerah yang diinginkan, jadi sisanya adalah panjang bahu. 

Untuk leher belakang turunkan 3,5. Sedangkan untuk leher badan depan, dari titik 12,5, turun 11cm sebagai titik lubang leher. Ingat ini adalah home dress, yang saya ingin lehernya lebih terbuka, jadi jika ingin lehernya tidak terlalu terbuka, maka kurangi lebar lehernya dan titik turun lehernya. 

Untuk titik turun bahu, diturunkan 3,5cm, lalu buat garis penghubung.

Panjang punggung =37cm

Dari titik turun leher belakang, buat titik sepanjang panjang punggung = 37cm. Tentukan panjang sisi 17,5 diukur dari titik paling bawah.

Bust (Lingkar dada) =86cm
Untuk badan belakang, Bust : 4 + 2,5cm = 24cm
Untuk badan depan. Bust : 4 + 3,5cm = 25cm

Waist (Lingkar pingang) = 70cm
Untuk pinggang belakang. Waist : 4 + 1,5 ( + kupnat 3cm)
Untuk pinggang depan. Waist : 4 + 1,5 ( + kupnat 4cm)


Kupnat
Buat kupnat sesuai keterangan pada gambar

Bukaan kancing depan
Dari tengah muka, tambah 2 cm untuk bukaan kancing depan. Bukaan hanya ada di bagian atas saja, jika menginginkan bukaan juga pada bagian roknya, silahkan ditambah 2cm pada bagian tengah muka rok.

Kerung lengan dan kerung leher.
Bentuk kurva untuk kerung lengan depan dan belakang, buat garis sambung dan bentuk leher depan dan leher belakang.

Buat kerah dan lapisan kerah sesuai ukuran kerah depan dan belakang
Buat masing-masing satu pasang, kanan kiri.



Buat lengan
Buat lengan mengikuti instruksi disini

Bagian bawah
Bagian  bawah dress ini berbentuk payung ( bukan lingkaran utuh sempurna )
Panjang rok dari pinggang 75cm. Buat seperti gambar ilustrasi. Dengan opsi, jika ingin dibuat dengan saku samping, sudah diberi tanda dimana nantinya meletakkan saku. Pola saku tidak dilampirkan dalam file pola, jadi kalian bisa menambahkan sendiri, seberapa besar kalian ingin membuta sakunya. Lebar bagian bawah rok, sesuaikan dengan lebar kain:2.

3. Home Dress to Gamis
Buat yang ingin mengubah menjadi gamis, bisa mengikuti instruksi sesuai ilustrasi dibawah ini.
Bagaimana? Sudah pusing? :D
Buat yang masih bingung dengan penjelasan diatas, bisa langsung download pola dibawah ini.
Pola ini satu ukuran. Di dalam file pola ini berukuran midi dan berlengan pendek. Jika ingin dibuat untuk gamis jangan lupa mengubahnya sesuai petunjuk diatas. Dan perhatikan baik-baik ukurannya, ukuran pada pola di dalam file ini sama seperti ukuran yang tercantum di penjelasan diatas, jadi sesuaikan ukuran sesuai tubuh masing-masing. Untuk lebar rok sesuaikan dengan kain masing-masing. jika kain kurang lebar, kurangi lebar pola roknya.

FREE DOWNLOAD POLA DRESS - PDF SEWING PATTERN


WAJIB DIPERHATIKAN !!
print kertas pdf A4, actual size, auto/portrait.

Selamat mencoba..
Happy sewing..

xoxo
Nina 


Post a Comment